Powered By Blogger

Sabtu, 22 Mei 2010

Penirisan Dalam Penggalian Batubara

1. Penirisan (drainase) Dalam Penggalian Batubara

1.1. Maksud Penirisan (drainase)

Di dalam mulut tambang (pit) terjadi rembesan air keluar dari bawah tanah dan banyak kasus terjadi juga resapan atau aliran air permukaan masuk dan kalau hal ini dibiarkan, maka umumnya menyebabkan ganguan terhadap pekerjaan, terutama kalau ada rembesan keluar atau aliran masuk yang banyak, maka sebagian atau seluruh mulut tambang (pit) bisa tenggelam di dalam air.
Jadi langkah pertama dari penirisan (drainase) mulut tambang (pit) adalah memperjelas sumber atau air asal-usul air di dalam mulut tambang (pit). Usaha seperti ini dinamakan pencegahan air didalam mulut tambang (pit) bawah tanah.
Air yang sudah muncul di dalam mulut tambang (pit) harus dibuang keluar mulut tambang (pit), dimana air yang berada di atas level mulut tambang (pit) segera dialirkan keluar mulut tambang (pit) melalui saluran air yang sesuai, sedangakan air yang berada pada level yang sama atau lebih rendah dari mulut tambang (pit) disalurkan ke penampung air/sumuran (shaft) yang dibuat di tempat yang pantas, kemudian dari situ di keluarkan ke luar mulut tambang (pit) dengan mengangkatnya (memompa) sampai ketinggian yang diperlukan dengan mengguanakan pompa. Pada kasus yang belakang, tahap pertama merupakan pengumpulan air dan tahap kedua merupakan pengangkatan (pemompaan) air. Seperti dijelaskan diatas, masalah penirisan (drainase) di dalam mulut tambang (pit) bawah tanah dapat ditinjau dengan membaginya menjadi 2 bagian, yaitu pencegahan air, pengumpulan air dan pengangkata (pemompaan) air.
Untuk yang pertama, yaitu pencegahan air, pertma harus diperjelas keadaan keberadaan air bawah tanah yang merupakan sumber air bagi rembesan air di dalam mulut tambang (pit) serta diperjelas tahapan hingga air tersebut merembes keluar dan penyebab peresapan dan aliran masuk ke pertmukaan ke dalam mulut tambang (pit), kemudian berdasarkannya diambil tindakan yang sesuai. Untuk yang kedua, yaitu pengumpulan air bersama-sama dengan yang ketiga, yaitu pengangkatan (pemompaan air), mempuyai kaitan dengan sistem pengembangan mulut tambang (pit) bawah tanah. Untuk yang ketiga, yaitu pengangkatan (pemompaan) air adalah pekerjaan yang dilakukan dengan pompa dan pipa, sehingga merupakan pekerjaan yang banyak berhubungan dengan bidang mesin dan listrik.
Pada umumnya banyak terjadi rembesan air keluar di dalam mulut tambang (pit) bawah tanah, sehingga pekerjaan penirisan (drainase) menjadi beban yang besar bagi produksi. Apabila banyak rembesan air keluar di dalam mulut tambang (pit), fasilitas penirisan (drainase) juga menjadi besar dan diperlukan biaya yang besar untuk investasi dan pemeliharannya. Terutama, tambang yang ada bahaya kemasukan air permukaan dari mulut tambang (pit) karena banjir atau mulut tambang (pit) lama yang ada air tampungan, atau tambang yang batubara yang melakukan pekerjaan di bawah dasar laut, selau terdapat bahaya tenggelammya mulut tambang(pit) oleh semburan air sehingga porsi peranan penirisan (drainase) pada pekerjaan mulut tambang (pit) bawah tanah sangatlah penting.

2. Air Pada Mulut Tambang (pit) Bawah Tanah
2.1. Sumber Air Pada Mulut Tambang (pit) Bawah Tanah

Sebagian dari hujan yang turun di permukaan tanah, meresap ke bawah tanah dan menjadi air bawah tanah yang mengalir menembus di dalam lapisan tanah. Jadi, tambang yang menambang sumber bahan baku bawah tanah tidak dapat berfikir mengenai pekerjaan dengan memisahkan air bawah tanah ini. Yang umumnya kita sebut sebagai air di dalam mulut tambang )pit) itu, sebagian besar adalah bawah tanah ini dan apbila di sekitar kontruksi mulut tambang (pit0 ada lapisan yang mengandung air, maka air di dalam mulut tambang (pit) menjadi banyak dan apabila dikelilingi oleh batuan yang bersifat tidak tembus air (impermeable), maka rembesan keluar air sedikit.



2.2. Air Rembesan dan Air Sembur
Cara keluarnya air didalam mulut tambang (pit), pada dasarnya dapat dibagi menjadi rembesan air dan semburan air.
Air bawah tanah disangga oleh batuan bersifat tidak tembus air (impermeable), atau tertampung di dalam batuan yang ada ruang kosong (porositas) seperti batugamping (limestone). Batuan yang menjadi batuan induk pada endapan logam dalam berbagai kasus banyak yang tidak tembus air, tetapi air dapat merembes keluar melalui rekahan/celahan (crack), batas lapisan atau tempat yang relatif lunak dan lemah atau pada lapisan batubara adalah melalui lapisan yang mudah dilewati air seperti batupasir (sandstone) di bagian atas. Inilah yang dinamakan rembesan air, dimana rembesan air ini tidak mudah berhenti dan jumlah airnya juga tidak berubah drastis.
Lain dengan rembesan air, apabila air yang tertampung didalam ruang kosong di dalam batuan atau patahan atau lapisan aliran air ditembus, maka air akan mengalir keluar secara mendadak dan sering membawa kecelakaan besar yang dikenal sebagai kecelakaan semburan air. Jumlah air yang menyembur keluar selalu makin lama makin berkurang dengan berlalunya waktu. Perta,bahan air didalam mulut tambang (pit) yang tidak normal dan bersifat sementara seperti ini disebut semburan air dan penanganannya dibedakan rembesan air.
Pada dasarnya, air rembes dan air sembur tidak berbeda, tetapi sebagai hasilnya semburan air dapat menimbulkan kecelakaan besar di dalam mulut tambang (pit) dan dapat mengundang dan mendatangkan kerugian jiwa manusia dan terbuangnya bahan baku atau kerugian waktu dan biaya yang amat besar untuk pemulihannya.

2.3. Sifat Air Di Dalam Mulut Tambang (pit) Dan Pencegahan Pulusi Tambang
Air bawah tanah yang disaring oleh lapisan batuan bersifat menampung air yang banyak lubangnya, umumnya dikatakan air murni secara kimia organik, tetapi kenyataanya didalamnya terlarut berbagai macam bahan. Diantara bahan tidak murni (impurity) yang terkandung di dalam air bawah tanah yang paling umum dan dari segi penirisan (drainase) merugikan adalah tanah lumpur, jenis asam dan jenis garam.
Yang paling umum di tambang logam adalah garam asam sulfat dan yang paling umum di tambang batubara dasar laut adalah garam dapur, yang mana keduanya korosif terhadap besi, sehingga terutama untuk menejemen perawatan mesin dan fasilitas sepert pompa dan pipa perlu diperhatikan.
Selain itu, air di dalam mulut tambang (pit) ada yang mengandung banyak zat beracun seperti ion logam dan belerang. Terhadap hal ini, agar tidak merugikan kesehatan manusia karena air tersebut di buang kedaerah air untuk penggunaan umum atau merugikan lingkungan hidup sudah menjadi ketentuan umum untuk diambil tindakan yang diperlukan berdasarkan undang-undang pencegahan pencemaran kualitas air serta instruksi menteri yang menetapkan standard pengaturan untuk mencegah polusi tambang, diantaranya termasuk standard buangan dan konsentrasi ion hidogen serta kewajiban untuk mengukur kualitas air dan lain-lain.
Yang dimaksud dengan konsentasi ion hidogen disini secara umum dinamakan pH, ddimana pH 0 sampai bersifat asam, 7 netral, 7 sampai 14 bersifat alkalis (basa), dimana pH air yang dibuang ke daerah perairan untuk penggunaan umum dibatasi di atas 5,8 dan di bawah 8,6 dan pH air yang di buang ke perairan laut di batasi di atas 5,0 dan dibawah 9,0. Oleh karena itu, apabila melampui pembatasan ini, pH harus diatur dengan zat penetral. Pada umumnya sebagai zat penetral digunakan batugamping(limestone), soda kaustik dan laion-lain sebagai bahan basa serta asam sulfat, klor, ozon dan lain-lain sebagai bahan asam. Air di dalam mulut tambang (pit) tambang batubara banyak yang netral atau asam lemah, sedangkan p[ada tambang logam, umumnya bersifat asamnya kuat, dimana banyak yang mengandung ion logam, seperti tembaga, seng, timah dan besi serta ada yang banyak mengandung garam asam sulfat.

3. Metode Pencegahab Air Di Dalam Mulut Tambang (pit) Bawah Tanah
3.1. Pemboran Pendahulu
Pengeboran pendahulu sangat diperlukan pada saat bertemu dengan semburan dan rembesan air dan pada saat mendekati daerah dengan geologi yang tidak jelas atau bekas mulut tambang (pit) lama dan paling efektif untuk eksplorasi mulut tambang (pit) lama, patahan, lapisan mengandung air dan lain-lain.
Dengan melaksanakannya, maka :
a. Dapat menemukan patahan.
b. Dapat mengetahui perubahan lapisan tanah.
c. Dapat menemukan mulut tambang (pit) lama dan lapisan aliran air.
d. Dapat melakukan pengeluaran/penirisan (drainase) dan injeksi semen.
Untuk daerah dengan geologi yang tidak jelas dan mulut tambang (pit) lama, maka ditetapkan untuk melaksanakan pengeboran pendahulu lebih dari 40 meter, tetapi dari segi pembelaan diri dapat diharapkan sikap untuk melakukan pengeboran pendahulu dengan inisiatif sendiri. Sebagai masalah nyata, apabila mendekati lapisan yang mengandung air atau mulut tambang (pit) lama diperlukan paling tidak dua buah pengeboran menyusuri garis perpanjangan terowongan (lubang bukaan). Apalagi, disekitar patahan, selain itu harus ditambah juga pengeboran ke arah atas dan ke arah bawah terorowongan (lubang bukaan).
Tidak jarang kasus yang mengandung kecelakaan karena mengandalkan data masa lalu seperti gambar pengukuran dan terlalu memanfaatkannya. Menangani masalah berdasarkan data terbaru adalah benar dari dulu hingga sekarang dimanapun juga dan untuk tujuan ini pengebran pendahulu adalah metode yang paling tepat.
Tidak hanya terbatas pada pengecekan posisi, tetapi jangan dilupakan juga untuk mengamati dan memeriksa perubahan kadar kekeruhan, rasa, temperatur, warna dan lain-lain dari air lumpur dan air bersih yang keluar dari lubang bor, untuk dijadikan bahan pertimbangan.

3.2. Injeksi Semen
Selama penggalian terowongan (lubang bukaan), pada waktu melewati lapisan yang mengandung air atau patahan yang ada kemungkinan bahaya penyemburan air, maka dikendalikan dengan injeksi semen.
Pada pekerjaan injeksi, lubang bor mengarah ke celah (retakan) yang dituju, kemudian pipa injeksi dimasukkan kedalamnya dan campuran semen (cement milk) ditekan masuk oleh pompa tekanan tinggi dengan tekana sekitar 100 atmosfir, tetapi memperkirakan efektifitas injeksi sangatlah sulit, karena kondisi geologi senarnya berbeda-beda.
Terutama pada daerah remuk pada lapisan batupasir (sandstone), setelah semen yang diinjeksi mengeras juga dapat terjadi kebocoran oleh hujan dan banyak kasus dimana diperlukan injeksi yang mencapai puluhan kali hanya untuk melakukan penggalian yang tidak seberapa. Namun, apabila kondisi penghentian (penahanan) air seperti posisi lubang injeksi, kekentalan (konsentrasi) campuran semen (cement milk) dan waktu pengerasannya kebetulan pas dengan kondisi setempat, maka metode ini sangatlah efektif.

3.3. Dam pencegah Air
Prinsip dasar dari tindakan waktu terjadi semburan air di dalam mulut tambang (pit) adalah melakukan tindakan pencegahan air untuk menahan pembesaran lubang air sekecil mungkin. Untuk itu, sering kali dibuat dam diterowongan (lubang bukaan).
Bentuk dan jenis dam ada bermacam-macam, dimana diantaranya ada dinamakan Dam Kayu sebagai metode yang mudah dan efektif terhadap lapisan lunak dan lemah. Pada dam ini, maka kayu dengan diamater bagian kecil 15 cm dan panjang 1,8 m dijejerkan sejajar dengan terowongan (lubang bukaan) dan disela batuan dan kayu diisi pakis atau jerami, kemudian menancapkan lagging untuk memudahkan tumpukan (chock) kayu itu sendiri. Kekuatan terhadap tekanan pada satu set tumpukan kayu dikatakan seberat 2,4 kg/cm2. Kemudian sebagai dam permanen ada dam beton, dimana ketebalan yang diperlukannya berubah menurut lebar terowongan (lubang bukaan) dan tekana air. Pada Gambar 1 dan gambar 2 ditunjukan diagram hitungan ketebalan dam.
Hal-hal yang perlu dilakukan dalam kontruksi dam adalah :
a. Pada waktu pembuatan dam, sedapat mungkin dipilih tempat yang landasannya baik.
b. Melakukan penggalian pondasi dengan sempurna.
c. Bagian belakang dam dilakukan chock atau packing yang cocok untuk mencegah batuan runtuh.
d. Pipa penirisan (drainase) dimasukkan di bagian bawah dam, dan pipa kecil untuk pengukuran tekana air atau untuk mengeluarkan udara, dimasukkan dibagian atas dam dan dipasangi gate valve.
e. Pada pekerjaan sekitar atap, adonan morter yang kental dimasukkan sempurna.
f. Jangan memberi tekana air sampai beton mengeras sempurna.

3.4. Pengeluaran Air Pada Mulut Tambang (pit) Lama
Apabila akan menambang dengan mendekati mulut tambang (pit) lama, maka untuk mencegah semburan air yang tidak terduga, perlu mengetahui posisi dan situasi mulut tambang (pit) lama setepat mungkin didalam peraturan keamanan ditetapkan hal-hal sebagai berikut:
a. Pada waktu mendekati mulut tambang (pit) lama, harus dilakukan pengeboran pendahulu dari posisi lebih dari 50 meter dari mulut tambang (pit) lama untuk meneliti kondisi geologi dan bersamaan dengan itu harus memeriksa keadaan air tertampung serta ada tidaknya penimbunan gas mudah terbakar dan lain-lain. Tujuannya untuk memehami situasi yang tepat.
b. Pada waktu melakukan pengeboran pendahulu, penggalian terowongan (lubang bukaan) tidak boleh mendekati kurang dari 5 m dari dasar lubang bor. Tujuannya adalah untuk mencegah kecelakaan dinding pelindung (cover rock).
c. Pada waktu banyak kemungkinan bahaya semburan air berjumlah besar, selain melakukan tindakan pengeboran pendahulu, harus membuat dam pencegah air dan fasilitas pencegah air yang lain. Tujuannya adalah untuk mencegah perluasan pengaruh kecelakaan tersebut, dimana semuanya harus dilakukan dengan pasti.
Sebagai metode pengeluaran air pada mulut tamabang (pit) lama, ,maka metode pengeluaran air dengan lubang panjang melalui pengeboran adalah metode pengeluaran air dengan lubang panjang melalui pengeboran adalah metode penirisan (drainase) yang paling aman, dimana jumlah air juga dapat ditetapkan sembarang tergantung dari jumlah pengeboran dan besarnya lubang bor.
1. mengenai penyebab semburan air didalam mulut tanbang (pit) dapat dibayangkan hal dibawah ini, bersama metode pencegahan yang umum.
a. Penyebab
- semburan air dari lapisan mengandung air
- semburan air dari patahan dan daerah remuk
- semburan air dari ruang kosong di dalam batuan
- semburan dari air yang tertampung di dalam mulut tambang (pit) lama
- matinya, fungsinya penirisan (drainase) akibat kerusakan fasilitas penirisan (drainase) dan mati listrik
b. Metode Pencegahan
- pengeboran pengeluaran air, grout, dam pencegah air, penempatan pompa pembantu dan sumber listrik cadangan
2. Mengenai Semburan Air (Rembesan Air Abnormal)
a. Pengeboran pendahulu adalah salah satu metode yang efktif untuk memperkirakan penyemburan air.
b. Selain patahan dan lapisan mengandung air, maka air tertampung dalam mulut tambang (pit) lama juga sering menjadi penyebab penyemburan air.
c. Apabila diameter pipa penirisan (drainase) = d, laju aliran (jumlah) air = Q dan kecepatan rata-rata di dalam pipa = v, maka terdapat hubungan :


3. Mengenai Air Di Dalam Mulut Tambang (pit)
a. Jumlah air rembesan di dalam mulut tambang (pit) mempuyai hubungan yang erat dengan jumlah hujan yang turun.
b. Pada prencanaan penirisan (drainase) mulut tambang (pit) bawah tanah, selain pengangkatan (pemompaan air), perencanaan pengumpulan air dan pencegahan air juga penting.
c. Rembesan air (semburan air) yang jumlahnya berkurang drastis seiring dengan berlalunya waktu, umumnya banyak yang merupakan gejala yang mendadak.

4. Metode Penirisan (Drainase)
4.1. Penirisan (Drainase) Dengan Saluran Penirisan (Drainase)
Pada mulut tambang (pit) yang membuka mulut tambang (pit) dengan membuat terowongan (lubang bukaan) yang lebih tinggi dari terowongan (lubang bukaan) tersebut, maka air rembesan dapat dikumpulkan di terowongan (lubang bukaan) ini dapat dialirkan keluar mulaut tambang (pit). Pada tambang logam, banyak tambang yang beroperasi di daerah yang lebih tinggi dari terowongan (lubang bukaan) tembus tersebut, sehingga di tambang tersebut umumnya digunakan metode penirisan (drainase) ini.
Pada metode ini, sama sekali tidak diperlukan fasilitas mesin dan juga tenaga penggerak serta pekerjaanya juga mudah. Walaupun mulut tambang (pit) berkembang di bawah ketinggian tanah tersebut dan sebatas diizinkan oleh topografinya, maka penirisan (drainase) dilakukan dengan menggali terowongan (lubang bukaan) khusus untuk penirisan (drainase). Terowongan (lubang bukaan) khusus ini umumnya mempuyai menjadi panjang dan besar serta diperlukan biaya penggalian yang besar, namun karena biaya penirisan (drainase) berkurang, maka tambang logam dimanfaat secara luas. Terowongan (lubang bukaan) semacam ini dterowongan (lubang bukaan) penirisan (drainase).
Apabila jumlah air rembes sedikit, tetapi di buat terowongan/lubang bukaan penirisan (drainase khusus), tetapi di buat saluran (selokan) samping di terowongan (lubang bukaan) pengangkutan utama dan [penirisan (drainase) dilakukan oleh aliran secara alami dengan membuat kemiringan pada jalur air. Dari sudut panadang pengaliran dan pengangkutan air, biasanya kemiringan tersebut dibuat miring 1/200 – 1/300 tanpa membedakan apakah itu tambang logam atau tambang batubara.
Kemudian , apabila kecepatan aliran terlalu lambant, maka serbuk debu, tanah dan pasir akan mengendap, yang menyebabkan jalur air menjadi mengecil, sehingga harus dipertahankan kecepatan aliran minimal lebih dari 7,2 m/menit untuk mengeliminasi pengendapan tersebut.
Perhitungan kapasitas saluran penirisan (drainase) dinyatakan dengan luas aliran (m2) x kecepatan aliran (m/detik), dimana pada perhitungan kecepatan aliran sering digunakan rumus Kutta.
V = R.S
Dimana :
V = kecepatan rata-rata (m/detik)
C = koefisien kecepatan aliran
R = kedalaman jalur (m)
S = kemiringan permukaan air (tan …… sudut kemiringan).
Yang dimaksud dengan kedalaman jalur pada suatu penampang yang tegal lurus aliran air adalah luas penampang aliran dibagi dengan panjang keseluruhan dinding jalur air yang bersentuhan dengan air, misal pada gambar 3 adalah :


Koefisien kecepatan aliran ditentukan oleh kedalaman jalur dan jenis saluran penirisan (drainase) yang mana contohnya ditunjukkan pada tabel I dibawah ini.



GAMBAR 3. Kedalaman Jalur





Tabel I
Nilai Koefisien Kecepatan Aliran
Kedalaman Jalur Saluran Beton Saluran Batuan Apa Adanya
0,05
0,1
0,15
0,2
0,25 36
42
44
47
50 30
34
36
37
39

4.2. Penirisan (drainase) Dengan Pompa
Kenyataanya, penirisan (drainase) air yang dilakukan hanya dengan metode aliran turun alami seperti dijelaskan pada pasal sebelumnya sangat jarang, hampir pada semua tambang, rembesan air yang timbul seiring dengan penambangan di bawah level, dibuang denga mengangkat (memompa) air oleh tenaga penggerak. Pompa adalah alat untuk meksud tertentu.

4.2.1. Pemilihan Pompa
Berbagai macam pompa untuk penirisan (drainase) mulut tambang (pit) bawah tanah yang digunakan, yang mana konstruksi, penggerarak yang digunakan dan kapasitasnya tergantung dari tempat dan tujuan penggunanan, tetapi pokoknya yang penting adalah menggunakan pompa yang paling sesuai dengan kapasitas fasilitas dan situasi di dalam mulut tambang (pit). Karakter dan kemapuan pompa berdasarkan jenisnya adalah seperti Tabel II di bawah ini.








Tabel II
Karakter dan Kemampuan Pomapa
Jenis Kemapuan Penggerak Penggunaan Penanganan
Worthington Pump Kapasitas kecil, head sedang Udara
Kompresi Penggalian Sulit
Turbin Pump Kapasitas besar
Head besar Listrik Pompa Tetap Mudah
Volute Pump Kapasitas besar
Head kecil listrik Polapa Tetap Mudah
Air Pump Kapasitas kecil
Head kecil Udara
Kompresi Penggalia Sulit
Jet Pump Kapasitas kecil
Head kecil Air bertekanan Penggalian Mudah

Dewasa ini sebagai pompa penirisan (drainase) di tambang yang umum digunakan adalah pompa sentrifugal, terutama digunakan multi stage turbin pump dan multi stage volute pump untuk pemompaan head tinggi. Sebagai pompa lokal ada kalanya digunakan pomap bolak-balik kecil (small size recripocating pump).
Dalam pemilihan pompa, harus dilakukan pertimbangan dengan membandingkan efesiensi, kemapuan, bentuk, pemeliharaan, sulit mudahnya penanganan, kondisi penggunaan yang berbeda menurut jenis pompa, dimana kalau kita bandingkan pompa sentrifugal dan pompa bolak-balik, maka :
a. Konstruksi pompa sentrifugal lebih sederhana, bentuknya kecil karena melakukan operasi kecepatan tinggi dan harganya murah
b. Ruang tempat pemasangan pompa sentrifugal cukup kecil dan pekerjaan fondasinya sederhana sehingga biaya fasilitasnya tidak sampai setengah dari biaya fasilitas pompa bolak-balik.
c. Pada pompa bolak-balik, katup masuk dan katup keluar merupakan elemen yang penting dari segi operasi, sedangkan pada pompa sentrifugalkatup seperti ini tidak diperlukan, sehingga kerusakan karena katup jenis ini pasti tidak ada.
d. Pengaturan jumlah air keluar pada pompa bolak-baliktidak ada cara lainselain merubah kecepatan, sedangakan pada pompa sentrifugal walaupun kecepatannya konstan, pengaturan jumlah air keluar dapat dilakukan secara mudah dan aman dengan mengatur bukaan katup pembatas.
e. Pada pompa sentrifugal tidak diperlukan ruang udara karena pengeluaran air kontinu. Sedangkan pada pompa bolak-balik, pengiriman air terputus setiap melakukan satu langkah, oleh karena itu untuk tujuanmencegah kekurangan ini dimanfaatkan ruang udara, tetapi tidak sempurna, sehingga aliran keluar dari pompa bergerak seperti berdenyut dan mudah menimbulkan bahaya efek impak air.
f. Selama operasi, pada pompa bolak-balik banyak bagian yang memerlukan minyak pelumas, dan dengan sendirinya banyak kesempatan air tercemar karena minyak pelumas masuk bercampur kedalam air. Sementara, bagian utama langsung mengalami friksi pada pompa sentrifugal adalah bearing dan poros (as) dan sedikit sekali bagian yang perlu diperhatikan selama operasi, sehingga dapat menghemat biaya manusia dan biaya minyak pelumas.
Pada umunya, pompa mengisap masuk air di dalam penampung air seperti terlihat pada Gambar4 dan mengangkatnya sampai keketinggian tujuan, dimana pipa air untuk untuk menghisap di sebut pipa isap (suction pipe) dan pipa air untuk mengangkat disebut pipa pengiriman (delivery pipe).

4.2.2. Kapasitas Penirisan (drainase)
Berbeda dengan pabrik produksi lain, pada tambang sulit diperkirakan jumlah air buangan pada tahap awal pembuangan. Selain itu, ketinggian pengangkatan (head) juga pada awalnya tidak jelas, berapa banyak air buangan antara musim hujan dan musim kering sangat berbeda.

GAMBAR 4. Pompa Isap
Apa bila menghadapi kesulitan seperti ini, dimana harus ditetapkan kapasitas pompa penirisan (drainase) dan jumlah pompa sert lokasi pemasangannya, maka untuk memutuskannya tidak ada jalan lain selain mengacu kepada penyelidikan (survey) geologi serta penyilidikan (survey) kondisi penirisan (drainase) tambang batubara dan tambang lain yang serupa yang saat ini sedang beroperasi.
Secara ideal, apabila misalnya kapasitas fasiolitas dibuat empat kali jumlah air yang dikeluarkan pada waktu normal, dimana pompa yang dipasang mempuyai kapasitas yang sama, maka dalam hal ini satu unit digunakan untuk operasi normal dan sisa tiga unit sebagai cadangan yang dapat digunakan setiap saat, tetapi diharapkan tetapi diharapkan melalui penggunaan seluruh fasilitas pompa, paling tidak kemampunnya mencapai 1,3 – 1,5 kali jumlah semburan air maksimum yang diperkirakan. Selain itu, jalur distribusi listrik sampai ke lokasi perubah tegangan di luar mulut tambang (pit), diharapkan masing-masing di buat lebih dari dua jalur untuk bersiap menghadapi kemungkinan mati listrik yang tidak terduga pada salah satu jalur.

4.2.3. Sumuran (shalft) Pada Mulut Tambang (pit) Bawah Tanah
Tujuan dari sumuran (shalft) adalah memasukkan pipa isap pompa dan tempat mengendapkan tanah lumpur yang bercampur di dalam air mulut tambang (pit) serta melakukan penyelelarasan yang pantas antara jumlah air yang dikumpulkan ke dalam sumuran (shalft) dan jumlah air yang dikeluarkan pompa.
Hal pokok yang harus dipertimbangkan pada waktu menentukan posisi dan kapasitas sumuran (shelft) adalah sebgai berikut :
a. Untuk memperpendek dan mengurangi belokan (lengkungan) pipa isap, sedapat mungkin mendekat ke dudukan pompa.
b. Tidak menghalangi kemajuan penggalian (memindahka) berkali-kali berarti tidak ekonomis.
c. Dibuat di tempat yang memudahkan pengumpulan air di dalam mulut tambang (pit) dan berada di dalam lapisan batuan yang kokoh untuk mencegah air bocor.
d. Hubungannya dengan jumlah air buang pompa biasa (reguler) serta ada tidaknya pompa cadangan dan jumlahnya.
e. Perubahan jumlah air rembesan di dalam mulut tambang (pit) (menurut cuaca cerah-hujan dan musim).
f. Kelonggaran (toleransi) terhadap saat pemompaan air terhenti, misalnya oleh mati listrik dan kerusakan fasilitas.
g. Untuk mengantisipasi berkurangnya kapasitas efektif sumuran (shaft) yang disebabkan oleh pengendapan tanah lumpur yang tercampur di dalam mulut tambang (pit), ditempatkan pompa tanah lumpur dan menjaga kapasitas efektif sumuran (shaft).
Demukianlah pokok perhatian untuk sumuran (shaft) dan yang penting adalah menentukan sumuran (shaft) dengan kapasitas yang diperlukan dan lagi terkecil. Apabila keadaannya memungkinkan, walaupun dalam kasus pompa biasa dan cadangan keduanya tersedia juga, sumuran (shaft) diharapkan mempuyai volume yang cukup untuk menampung jumlah air rembesan selama 12 – 24 jam.

4.2.4. Pemipaan
Berbeda dengan bagian mesin, pipa itu sederhana sehingga sering diabaikan. Tetapi, karena ada juga masalah air bocor dan korosi, terutama penempatannya perlu dilakukan dengan hati-hati.
Hal-hal yang perlu dipertimbangkan pada pemipaan antara lain adalah :
a. memasang pipa isap dengan tidak membebani selruh bobot pipa kepada bagian sambungnya dengan pompa.
b. Bagian yang datar pada pipa isap di buat miring naik sedikit mengarah ke pompa agar tidak terjadi air pocket.
c. Penyambungannya dikerjakan dengan baik agar dipastikan tidaj mengisap masuk udara melalui bagiam sambungan pipa isap.
d. Bagian datar pipa pengiriman (delivery pipe) juga sebaiknya ditempatkan dengan miring sedikit ke atas mengrah ke arah pengiriman.
e. Dalam kasus apapun, pemipaan direncanakan agar sedapat mungkin mengurangi katup, pipa cabang dan bagian belok.
Pipa air yang digunakan sebagi pipa distribusi, maka umumnya digunakan pipa baja. Dibandingkan dengan pipa dari besi cor, maka pipa baja lebih mudah korosi oleh asam dan garam, namun karena mempuyai keuntungan seperti kekuatan mekanik yang tinggi dan mudah ditangani karena ringan dan sambungannya cukup sedikit saja karena dapat diperoleh pipa yang panjang sehingga pipa baja yang digunakan secara luas.
Apabila tekanan tidak terlalu tinggi, yaitu di bawah 10 atmosfir, digunakan pipa gas dan tekanan yang lebih dari itu, digunakan pipa baja tanpa sambungan. Apabila dilakukan pemompaan air dengan volume tertentu dengan menggunakan pipa berdiameter kecil, maka ada pipa air yang tahanan friksi di dalam pipanya besar, sehingga kerugian energinya menjadi lebih besar dan biaya penggeraknya bertambah.
Berlawanan dengannya, apabila digunakan pipa dengan diameter besar, maka biaya biaya penggeraknya berkurang, tetapi biaya fasilitas pemipaan membengkak. Oleh karena itu, untuk memperoleh ukuran pipa air yang paling sesuai harus dipilih yang paling ekonomis dengan mempertimbangkan biaya penggerak, biaya fasilitas pemipaan, lamanya waktu operasi dan lain-lain. Akan tetapi, kenyataannya sulit untuk menentukan masing-masing pipa berdsarkan perhitungan. Unuk itu, sebagai standar patokan, biasanya dilakukan perhitungan diameter pipa dengan merencanakan agar kecepatan aliran rata-rata di dalam pipa menjadi 1 – 3 meter per detik. Antara diameter pipa dan laju aliran air terdapat hubungan sebagai berikut :


Dimana :
d = diameter bagian dalam pipa (m).
v = kecepatan aliran per menit (m/menit)
Q = laju aliran per menit (m3/menit)
Umumnya pada pipa air pompa sentrifugal tidak ada perubahan kecepatan aliran, sehingga jika dibandingkan dengan pipa air pomapa bolak-balik, dapat digunakan pipa yang diameternya relatif kecil.
Pada tambang yang jumlah air yang dipompanya banyak atau pada tambang dengan kuallitas air yang sangat korosif terhadap pipa air, maka untuk mencegah korosi dilakukan berbagai tindakan pencegahan korosi, seperti menggunakan pipa air yang permukaan dalamnya atau kedua permukaannya dilapisi lining karet (rubber linning).

4.2.5. Manajemen Pemiliharaan Pompa
a. Pompa harus diinstalasi datar. Di dalam mulut tambang (pit0 ada kemungkinan gerakan landasan, sehingga instalasi perlu dibuat agar dapat di setel oleh bahan yang ditetapkan oleh pondasi.
b. Sedapat mungkin pompa diinstalasi agar tinggi pengisapannya (suction head) menjadi rendah.
c. Posisi mulut iasap dipilih yang tepat agar tidak mengisap masuk udara karena terjadi pusaran air d imulut isap.
d. Minyak pelumas dituangkan secukupnya pada setiap tempat.
e. Memeriksa arah puar poros pompa, apakah sama dengan arah yang ditunjuk oleh tanda panah.
f. Sebelumnya, kondisi putaran diperiksa dengan tangan.
g. Menutup katup pemisah pada sisi pengiriman.
h. Apabila sistem pengisian air pompa memakai katup foot, pertama-tama membuka semua cook pengeluaran udara dan menuangkan air dari corong bagian atas dan setelah dipenuhi cukup air hingga air yang keluar dari cook tidak mengandung gelembung udara, cook ditutup kembali dan dilakukan pengoperasian sebenarnya.
i. Motor dijalankan dan setelah mencapai keadaan putaran normal, katup pemisah pada sisi pengiriman dibuka secara perlahan-lahan.
j. Pada pompa berputaran tinggi dan multi stage turbin pump, tidak boleh melakukan operasi kosong tanpa dipenuhi air.
k. Mengusahakan agar debu tidak masuk ke bearing dan perhatikan temperatur dan kondisi pasok (suplai) minyak pelumas bearing dan minyak pelumas diganti dengan yang baru lebih dari 2 kali per bulan.
l. Penahan packing dikencangkan ringan agar selalu ada sedikit air yang mengalir keluar. Pompa yang melakukan penutupan air dengan menuangkan air k bagian ini, harus hati-hati agar tidak mentup jalur lewat air.
m. Masuknya udara ke dalam pompa, tengah (centre) poros yang tidak tepat, jumlah putaran yang tidak normal, tersangkutnya benda asing pada sudut dan lain-lain dapat menjadi penyebab kerusakan yang akan tampak dalam bentuk terjadinya getaran, beban lebih atau berkurangnya jumlah air yang dipompa. Getaran dapat memperpendek umur poros dan karena tidak sempurnanya pelumasan dapat menjadi penyebab kerusakan terbakar.
n. Pengukur tekanan dan pengukur vakum setiap diperlakukan harus di buka dan di baca.
o. Melakukan pemeriksaan bagian dalam pompa cadangan dan melakukan anti karat, ganti catat serta penggantian minyak pelumas dan harus dilakukan tindakan pencegahan kelembaban yang sempurna pada motor listrik. Pada musim dingin harus hati-hati terhadap pembekuan air sisa.

A. mengenai Penirisan (Drainase)
1. Untuk penirisan (drainase) air di dalam mulut tambang (pit) sering digunakan pompa sentrifugal.
2. Kebanyakan kecelakaan penyemburan air terjadi pada waktu permukaan kerja mengenai patahan atau lapisan penampung air.
3. Dalam banyak kasus, air rembesan di dalam mulut tambang (pit) di keluarkan setelah dikumpulkan di terowongan (lubang bukaan) penirisan drainase.

B. Mengenai Pompa
1. Diantara pompa sentrifugal, pompa turbin mempuyai sudut putar dan sudut pengarah di bagian dalam pompa dan melakukan pengangkatan (pempompaan) dengan prinsip melempar keluar air ke arah radial oleh gaya sentrifugal putaran sudut.
2. Volute pump yang tidak mempuyai sudut pengarah, akhir ini banyak digunakan karena konstuksi yang sederhana. Pompa pasir (sand pump) yang digunakan untuk mengirim air lumpur dan slurry termasuk salah satu jenisnya.

5. Pengukuran Jumlah Air
Pada waktu berfikir mengenai masalah yang berhubungan dengan air, maka yang paling adalah melakukan pengukuran jumlah air secra cepat.
Ada berbagai macam metode pengukuran, diantaranya adalah metode tanki untuk pengukuran jumlah aliran dengan metode penahan merupakan yang paling mudah dan relatif tepat untuk penggunaan di tambang.

5.1. Metode Dengan Tangki Pengukuran
Pada metode ini biasanya digunakan drum minyak, dimana air di tampung dan diukur sampai penuh, atau berapa drum yang dipenuhi dalam selang waktu tertentu.
Metode ini dapat mengukur dengan tepat apabila jumlah aliran airnya sedikit. Tetapi, pada metode ini pengukuran hanya dapat dilakukan secara terputus-putus, dimana kalau diperlukan pengawasan kontinue terhadap laju aliran air, maka lebih mudah pengukuran laju aliran dengan penahan.

5.2. Pengukuran Laju Aliran Dengan Penahan
Air yang hendak diukur (lihat gambar 5), melewati pipa dan mengalir masuk kedalam saluran A yang dipasang datar sempurna. Setelah permukaan air stabil dengan melewati jalan logam yang dipasang didalam air, air jatuh dari penahan B.
Dalam kasus ini, ketinggian dari dasar penahan B sampai permukaan atas menjadi patokan laju air, dimana laju aliran dapat dihitung dari masing-masing rumus yang berbeda menurut bentuk potongan penahan (seti tiga atau segi empat). Pada gambar 5 dapat dilihat untuk pengukuran laju aliran.
Q = K.h 5/2 (penahan segi tiga)
Q = K. bh3/2(penahan segi empat)

Dimana :
Q = laju aliran ( m3/detik)
h = kedalaman air pada penahan (m)
b = lebar penahan (m)



Dimana K adalah lkoefisien laju aliran yang berubah menurut lebar jalur air, lebar penahan dan kedalaman air, dimana nilainya menjadi, K = 1,44 pada penahan segi tiga dan K = 1,80 pada penahan segi empat.

5.3. Orifice dan yang lain
Ada venturi meter yang mencari laju aliran berdasarkan perbedaan tekana di depan dan belakang orifice yang mempersempit jalur pipa untuk mengukur laju aliran air dalam pipa, seperti terlihat pada gambar 6.


Selain itu, telah dikembangkan metode pengukuran laju aliran dari luar pipa yang memanfaatkan gelombang ultrasonik dan mulai dipraktekkan.

6. Fasilitas Penisiran (drainase)
6.1. Ketentuan Keamanan
Mengenai keamanan yang berhubungan dengan fasilitas penirisan (drainase), seperti pokok yang tertulis di bawah ini, rinciannya harus ditetapkan oleh ketentuan keamanan.
a. Hal-hal yang berhubungan dengan pemeriksaan rutin pompa penirisan (drainase) mulut tambang bawah tanah
b. Hal-hal yang berhubungan dengan manejemen pompa penisiran (drainase) mulut tambang (pit) bawah tanah.
c. Hal-hal yang berhubungan dengan manajemen pipa penisiran (drainase) dan jalur penisiran (drainase).
d. Hal-hal yang berhubungan dengan manejemen penampung air mulut tambang (pit) bawah tanah.
e. Hal-hal yang berhubungan dengan pengukuran jumlah air penirisan (drainase).

6.2. Perihal Perlengkapan
Pada waktu membuat fasilitas penirisan (drainase), harus sesuai dengan ketentuan tiap butir dibawah ini.
a. harus memberikan toleransi yang sesuai atas jumlah air pada kemampuan penirisan (drainase).
b. Harus melengkapi pompa penirisan (drainase) utama didalam mulut tambang (pit) dengan pompa perisan (drainase) cadangan.
c. Harus melengkapi pengukuran tekana pada tempat yang tepat disisi keluar dari pompa penirisan (drainase) utama.
d. Apabila diperlukan dari segi keamanan pada tempat yang tepat di sisi luar turbin untuk penirisan (drainase) mulut tambang (pit) bawah tanah, dipasang katup penghenti aliran balik.
e. Untuk mengantisipasi terjadinya mati listrik, kerusakan fasilitas dan lain-lain kapasitas penampung air di dalam mulut tambang 9pit0 di buat mempuyai toleransi yang sesuai.

7. Pemeriksaan dan Manajemen Yang Berhubungan Dengan Fasilitas Penirisan/Drainase (Diambil Dari Ketentuan Keamanan – Ikhesema Coal Mine)
7.1. Mengenai Pemeriksaan Rutin Pompa Penirisan (Drainase) Mulut Tambang (pit) Bawah Tanah.
1. Waktu, tempat dan metode pemeriksaan rutin.
Untuk memompa penirisan (drainase) yang menggunakan penggerak berdaya lebih dari 50 kW yang dipasang di dalam mulu tambang 9pit0, petugas keamanan mesin harus melaksanakan pemeriksaan rutin setiap butir berikut ini.
a. Bed Level……………………….. lebih dari 1 kali setiap 6 bulan
b. Center pompa dan motor……… lebih dari 1 kali setiap 6 bulan
c. Pump bearing…………………... lebih dari 1 kali setiap 6 bulan
d. Sambuang pipa………………… lebih dari 1 kali setiap 4 bulan
e. Katup……………………………. lebih dari 1 kali setiap 6 bulan
f. Minyak pelumas motor pompa... leboh dari 1 kali setiap 6 bulan
2. Hasil pemerisaan Rutin
a. Hasil di atas di catat dan melaporkan ada tidaknya kelainan kepada wakil manajer teknik keaman untuk mendapatkan petunjuknya.
7.2. Mengenai Manajemen Pompa Penirisan (drainase) Mulut Tambang (pit) Bawah Tanah
1. Pemilihan penanggung jawab manajemen, pemeriksaan dan pemeliharaan reguler dan catatan harian operasi
a. Wakil manajemen teknik keamanan harus memilih penanggung jawab manajemen untuk mengelola pompa penirisan (drainase) mulut tambang (pit) bawah tanah.
b. Setiap inspeksi keliling, penanggung jawab manajemen memeriksa dan memelihara pompa penirisan (drainase) mulut tambang (pit) bawah tanah dan apabila terdapat kelainan, mengambil tindakan yang tepat dan segera melaporkan kepada wakil manajer teknik keamanan untuk mendapatkan petunjuk.
c. Operator harus mencatat waktu pengoperasian mesin serta ada tidaknya kelainan, pada catatan harian operasi yang ditetapkan

7.3. Mengenai Manajemen Pipa Penirisan (Drainase) Dan Jalur Penirisan (Drainase)
1. Pemilihan penangung jawab manajemen
a. wakil manajer teknik keamanan harus memilih penangung jawab manajemen untuk mengelola pipa penirisan (drainase) dan jalur penirisan (drainase).
2. Waktu dan Metode pemeriksaan rutin pipa dan jalur penirisan (drainase)
Penanggung jawab manajemen harus melakukan pemeriksan ada tidaknya kelainan pada pipa penirisan (drainase) dan jalur penirisan (drainase) mengenai butir-butir berikut :
a. Pipa penirisan (drainase)
• Tingkat korosi pipa serta bahan
penyangga pipa drainase……………… lebih dari 1 kali per minggu
• Baik tidaknya bagian sambungan
Pipa dan kondisi penyanggaan
pipa penirisan (drainase)……………… lebih dari 1 kali per minggu
• Kondisi penempelan kotoran air (deki). lebih dari 1 kali per minggu
b. Jalur penirisan (drainase)
• Penjagaan dan kondisi aliran air
jalur penirisan (drainase)…………….. lebih dari 1 kali per minggu
c. Hasil di atas di catat dan melaporkan ada tidaknya kelainan kepada wakil manajer teknik keamanan untuk mendapat petunjuknya
3. Pemeriksaan reguler pipa penirisan dan jalur penirisan (drainase)
Selain pemeriksaan rutin pada pasal diatas, penanggung jawab manajemen memeriksa pipa penirisan (drainase) dan jalur penirisan (drainase) setiap inspeksi keliling dab apabila di ketahui adanya kelainan, mengambil tindakan yang tepat dan segera melaporkan kepada wakil manajernya teknik untuk mendapatkan petunjuknya.
4. Waktu dan metode pembersihan
Apabila ada bahaya gangguan terhadap penirisan (drainase) pada pipa penirisan (drainase) dan jalur penirisan (drainase), penanggung jawab manejemen harus segera mengambil tindakan yang tepat.




7.4. Mengenai Manajemen Penampung Air Mulut Tambang (pit) Bawah Tanah
a. Waktu dan metode pembersihan
Pembersihan penampung air mulut tambang (pit) bawah tanah harus dilakukan dengan menyesuaikan terhadap situasi setempat dan harus dipelihara agar tidak terjadi gangguan terhadap penirisan (drainase).
b. Pemeriksaan dan pemeliharaan
Penamggung jawab manajemen melaksanakan pemeriksaan rutin 1 kali setiap bulan dan harus memeliharanya agar tidakl terjadi gangguan terhadap penirisan (drainase).

7.5. Mengenai Pengukuran Jumlah Air Penirisan (Drainase)
a. Tempat pengukuran
Harus membuat tempat pengukuran jumlah air penirisan (drainase) di mulut tambang (pit).
b. Waktu dan Metode pengukuran
Jumlah air penirisan (drainase) harus diukur setiap hari dengan alat pengukur aliran di mulut tambang (pit).
c. Pencatatan pengukuran
Hasil pengukuran jumlah air penirisan (drainase) harus dicatat dan disimpan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar